Hari Kiamat 2012

hari kiamat 2012 Hari Kiamat 2012

Hari Kiamat, kata itulah yang akhir-akhir ini terutama 3 tahun terakhir ini sering kita dengar, dan puncaknya adalah pada bulan ini, karena bagaimana tidak, banyak sekali literatur yang menyatakan bahwa akhir dunia atau hari kiamat jatuh pada 21 desember 2012, luar biasa kah ? kehebatan manusia ? sehingga hari kiamat yang seharusnya hanya Tuhan yang mengetahuinya bisa diketahui manusia, apa benar begitu ? prediksi yang hanya berpijak pada temuan arkeolog berupa kalender bangsa maya dan beberapa artifak bangsa sumeria, sangat meyakinkan disuguhkan banyak literatur sebagai landasan kuat mengapa hari kiamat jatuh pada 21 desember 2012.

Satu hal yang membuat banyak orang yakin dan setengah yakin dengan ramalan-ramalan hari kiamat itu, bahkan dibeberapa tempat pada bulan desember ini diselenggarakan penyambutan hari kiamat nanti, weleh.. kiamat kok disambut, gila…, pada dasarnya mereka yang yakin dan setengah yakin bahwa hari kiamat akan terjadi 21 desember 2012 hanyalah refleksi bahwasannya seringkali kita manusia mempercayai hal yang ingin dipercayai, dengan kata lain bila kita ingin percaya bahwa hari kiamat akan terjadi bulan desember 2012 tanggal 21, maka kita tanpa sadar hanya mencari reverensi yang mendukung kepercayaan kita itu, sedangkan yang tidak spektakuler, yang sifatnya justeru membantah teori dan ramalan hari kiamat itu malah dikesampingkan dan dibuang jauh-jauh, ya manusia hanya percaya apa yang ingin dipercayai.

Sekarang kita coba berpikir sebaliknya, tidak meyakini bahkan menertawakan kiamat bakal terjadi 21-12-2012, kalian bakal nemu berbagai literatur dan sangat banyak kajian yang akan membantah hari kiamat akan terjadi bulan desember 2012, berikut ada catatan kecil yang bisa kalian telusuri lagi berkaitan hari kiamat 21 desember 2012 :

kalender kiamat suku maya Hari Kiamat 2012

Kalender Maya: Kalender Maya, yang terdiri dari sejumlah siklus yang berbeda hari, tidak berakhir tahun ini. Sebaliknya, satu siklus dari 144.000 hari (394 tahun) berakhir dan siklus berikutnya dimulai.

Ramalan Suku Maya: Suku Maya kuno tidak memprediksi akhir dunia atau bencana pada bulan Desember 2012. Prediksi kiamat tersebut adalah tipuan modern.

Planet Nibiru: Nibiru mungkin adalah nama kecil dewa yang ditemukan dalam tulisan kuno Mesopotamia. Tidak ada planet bernama Nibiru, dan buku-buku fiksi oleh ekonom Zecharia Sitchin tentang peradaban di planet ini adalah tipuan.

Planet pengembara Menuju Bumi: Selama dekade terakhir telah ada laporan dari objek bergerak (Planet X, atau Nibiru, atau Hercubolus, atau bahkan Comet Elenin) yang akan bertabrakan dengan bumi pada Desember 2012. Klaim ini tidak benar. Jika memang ada planet bergerak mendekati bumi, itu akan menjadi salah satu obyek paling terang di langit, dan astronom akan telah melacak selama bertahun-tahun. Jika ada, gravitasinya akan mendistorsi orbit planet, terutama Mars dan Bumi. Para astronom tahu bahwa itu tidak ada.

Kesejajaran Planet: Tidak ada penjajaran planet di Desember 2012. Ada perkiraan sejajar antara Bumi dan Matahari dan pusat galaksi kita pada akhir Desember, namun ini terjadi setiap tahun. Dalam kasus apapun, kesejajaran planet tidak berpengaruh pada Bumi.

Pergeseran Kutub: Tidak ada yang aneh ditahun ini tentang kutub magnet atau kutub rotasi Bumi. Polaritas magnetik berubah setiap hitungan juta tahun atau lebih, tapi itu tidak terjadi sekarang, dan mungkin masih membutuhkan waktu ribuan tahun ketika terjadi. Sebuah perubahan mendadak dalam sumbu rotasi belum pernah terjadi dan tidak mungkin. Jika ada perubahan dalam rotasi bumi, akan langsung terlihat oleh kegagalan sistem GPS.

desember 2012 Hari Kiamat 2012

Peningkatan Bencana: Kedaan planet bumi kita normal pada tahun 2012, meskipun kita melihat berita lebih banyak tentang bencana alam. Belum ada peningkatan gempa bumi atau letusan gunung berapi. Telah ada peningkatan cuaca ekstrim, termasuk kekeringan dan banjir, yang sebagian disebabkan karena pemanasan global, tapi ini tidak ada hubungannya dengan hari kiamat 2012.

Ledakan matahari: Aktifitas siklus matahari 11 tahunan sedang berlangsung dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2013, bukan 2012. Ledakan matahari (flare dan CMEs) dapat merusak satelit yang mengorbit tetapi tidak akan merugikan kita di permukaan bumi. Kekuatan maksimum energi matahari tahun 2013 diperkirakan akan lebih rendah dari rata-rata, tidak lebih tinggi.

gambar setelah hari kiamat Hari Kiamat 2012

Bunker konspirasi: Tuduhan bahwa pemerintah menutup-nutupi berita adalah omong kosong. Pemerintah Tidak bisa menyembunyikan berita adanya sebuah planet bergerak atau diam dari ratusan ribu ilmuwan. Rumor bahwa bunker besar telah dibangun di Amerika Serikat atau di tempat lain untuk berlindung bagi kaum elit adalah kebohongan. Rupanya beberapa orang sedang membangun penampungan pribadi, tapi mereka takut dan ini adalah sebuah kesalahan dan mereka membuang-buang uang mereka.

gambaran hari kiamat Hari Kiamat 2012

Menakut-nakuti Anak-anak: Kelompok yang paling rentan terhadap klaim hari kiamat 2012 adalah anak-anak. Guru melaporkan bahwa banyak siswa mereka takut dan beberapa bahkan mempertimbangkan bunuh diri. Ini adalah konsekuensi paling tragis dari tipuan 2012.

Cosmophobia: Banyak anak muda menulis kepada saya bahwa mereka takut astronomi. Ketika mereka membaca tentang beberapa penemuan baru, hal pertama yang mereka pikirkan adalah bahwa hal itu mungkin menyakiti mereka, bahkan jika itu terjadi di sebuah galaksi yang jauh. Tidak ada alasan untuk ketakutan tersebut, yang saya sebut cosmophobia (takut alam semesta). Ruam ini menjadi perhatian dan tampaknya menjadi hasil dari teori konspirasi yang terlalu banyak dan cerita sensasional ditampilkan di Internet dan outlet berita yang tidak bertanggung jawab. Obyek astronomi begitu jauh bahwa mereka tidak dapat mengancam Bumi. Tolong jangan takut Matahari atau planet atau komet atau asteroid. Alam semesta bukanlah musuh Anda.

hari kiamat desember 2012 Hari Kiamat 2012

Sebenarnya sungguh banyak bantahan dan kejanggalan dalam ramalan tentang hari kiamat bulan desember 2012 tanggal 21, akan tetapi hingga detik ini yang ingin mempercayai bahwa kiamat benar-benar akan datang semakin panik gusar dan bahkan cenderung gila, berikut adalah kutipan berita dari kompas.com mengenai isu hari kiamat :

KOMPAS.com — Belakangan, isu kiamat pada 21 Desember 2012 mengemuka, didasarkan pada interpretasi yang salah akan kalender suku Maya. Isu tersebut membuat sejumlah orang khawatir, bahkan sulit tidur. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA pun kebanjiran surat elektronik yang menanyakan perihal akhir dunia itu.

Merasa perlu mengklarifikasi, NASA membuat tanggapan tentang sebab-sebab kiamat seperti yang beredar di jejaring sosial. Sebab-sebab kiamat di antaranya adalah adanya benda langit yang akan menghantam Bumi dan badai Matahari yang mematikan.

Peneliti Matahari NASA, Lika Guhathakurta, mengatakan bahwa Matahari memang sedang pada puncak aktivitasnya akhir-akhir ini. Badai Matahari memang bisa merusak sistem komunikasi, tetapi sejumlah perangkat telah dikembangkan untuk memberi peringatan. Badai Matahari tak mengancam jiwa manusia secara langsung.

Sementara itu, tentang planet, asteroid atau apa pun yang akan menabrak Bumi, Don Yeomans dari Jet Propulsion Laboratory NASA mengatakan, satu-satunya benda dekat Bumi yang akan melintas dekat adalah asteroid pada 13 Februari 2013. Namun, asteroid melintas pada jarak 6.378 kilometer, takkan menghantam Bumi.

NASA juga menyatakan bahwa isu Bumi akan gelap pada 23-25 Desember 2012 hanyalah isapan jempol. NASA tak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Sementara itu, kesegarisan semua planet di Tata Surya pada satu waktu yang dikatakan menjadi sebab fenomena itu juga tak mungkin terjadi.

Andrew Fraknoi, astronom di Foothill College, California, mengatakan, lebih baik manusia fokus pada masalah Bumi yang memang sedang dihadapi saat ini, seperti perubahan iklim. Mitzi Adams, pakar Matahari di NASA, juga menyetujuinya.

“Ancaman terbesar Bumi pada tahun 2012, pada akhir tahun ini dan di masa depan, adalah dari ras manusia itu sendiri,” kata Adams, seperti dikutip Livescience, Rabu (28/11/2012). Jika manusia tak berubah, perubahan iklim tak terelakkan, kepunahan banyak spesies makhluk hidup niscaya terjadi.

KESIMPULAN DARI SECANGKIR KOPI PAGI INI :

Penelitian telah menunjukkan bahwa bumi bisa saja hancur dengan hujan meteor atau bersenggolan dengan sebuah asteroid, tapi itu bisa dideteksi sebelumnya, ada yang mengemukakan 2,8 miliar tahun lagi, atau penelitian tentang kandungan karbondioksida yang makin pekat di atmosfer karena penggunaan bahan bakar minyak yang kian bertambah, bila terus menerus demikian tanpa ada solusi, mana mungkin atmosfer akan semakin baik dengan pengguna kendaraan bermotor yang kian hari jumlahnya kian mengerikan.

Hari kiamat dimaknai bergantung dari keyakinan yang di anut masing-masing orang, bagi orang-orang atheis, mereka cenderung mengandalkan penelitian demi penelitian untuk menentukan batas dari sesuatu, dalam hal ini bukan kiamat yang berarti musnahnya alam semesta, bagi mereka alam semesta akan terus ada.

Bagi para penganut agama, tak ada yang tahu kapan terjadinya kiamat,  selain Tuhan, dia bisa membuat kiamat kapan saja, tak perlu stimulus, tak perlu sebab akibat, karena kekuatan dan kekuasaanNya mutlak, jadi siapapun yang meramalkan, dapat dibantah dengan cara ini, karena hanya Tuhan lah yang tahu dan berhak memutuskan kapan itu akhir dunia ini.

Bagi sebagian penganut agama nenek moyang, mereka percaya tentang sebuah siklus besar, ada yang bilang akan terjadi perubahan dalam hal kesadaran, ada yang bilang akan ada perubahan besar spiritual, dimensional dan sebagainya, kesemuanya akan terjadi di tahun ini.

Percaya tak percaya, itu semua ada.

PESAN DARI SECANGKIR KOPI YANG TINGGAL SETENGAH :

Dalam menyikapi semua isu terutama hari kiamat 21 desember 2012, hendaknya kita lebih teliti, lebih cerdas, lebih bijaksana dalam bertindak berkaitan dengan isu tersebut, karena kepanikan tidak akan menghasilkan apa-apa selain kerugian.

Dalam islam, mungkin bisa diteliti lagi tentang kajian eskatologi islam, dasar-dasar ajaran yang menginformasikan hari kiamat, terutama dalam surat al-kahfi, apabila butuh referensi silahkan cari dengan nara sumber Seikh Imran Hosein, beliau pakar eskatologi, atas izin Allah beliau mampu menjabarkan dan menjelaskan apa yang sedang terjadi di dunia ini, karena semua berkaitan dengan sejarah, politik dan misi-misi akhir zaman.

Kita harus selalu awas dan waspada terhadap isu apapun yang berkaitan dengan nilai-nilai keTuhan an karena didalamnya bisa jadi ada kekuatan-kekuatan yang  merupakan musuh manusia sejak jaman Adam.

 

Comments

comments