2 Menu Sarapan Sehat Untuk Anak yang Kaya Dengan Nutrisi

Menyiapkan menu sarapan sehat untuk anak merupakan hal yang harus dilakukan setiap paginya. Pasalnya, sarapan dapat memberikan energi awal yang cukup baik bagi anak agar dapat memulai aktivitasnya.

Seringkali anak hanya mau memakan makanan kesukaannya saja. Memang ini akan memudahkan ibu untuk mengolah bahan baku yang dibutuhkan. Namun, hal ini sering bisa jadi membawa kebosanan bagi anak, karena buah hati harus menyantap makanan yang sama setiap harinya.

Menu Sarapan Sehat Untuk Anak

Seperti pada umumnya sarapan pagi yang lainnya, syarat pembuatannya tidak banyak, hanya harus memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein dan serat.

Oleh karena itu, Ibu harus pandai-pandai mengatur menu sajian agar dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Oleh karena pagi hari adalah waktu yang sibuk dan sempit, ada baiknya memilih sajian yang sederhana yang tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk mengolahnya.

Roti Tangkup Telur

Ibu dapat memanfaatkan olahan telur untuk membuat sajian ini, Amat mudah dan praktis. Bahan-bahan yang diperlukan hanyalah roti sebagai sumber karbohidratnya. Selada, tomat, dan mentimun sebagai sumber seratnya, serta telur yang diolah dengan berbagai sajian sebagai sumber protein dan lemaknya.

Jangan lupa tambahkan berbagai macam saus sebagai pengkaya rasa. Ibu dapat menggunakan saus mayonaise. dan saus mustard yang telah jadi. Pilihan lainnya adalah campuran saus sambal botolan dengan saus tomat.

Nasi Goreng Putih Sayuran

Sajian ini juga tergolong mudah. Apalagi yang dimanfaatkan adalah nasi sisa yang masih baik. Agar tidak hanya didominasi oleh  nasi sebagai sumber karbohidratnya, ibu bisa tambahkan berbagai macam sayur dan olahan daging.

Gunakanlah sayur sawi hijau,  buncis, wortel, dan kacang polong sebagai sumber serat. Tumis terlebih dahulu menggunakan mentega agar lebih kaya rasa. Baru masukan ke dalam nasi yang masih diolah di wajan. Sayuran ini juga berfungsi sebagai sumber serat, dan vitamin.

Ibu dapat memanfaatkan olah telur yang dicampur ke dalam nasi goreng atau disajikan terpisah sebagai sumber protein. Bisa juga dengan memanfaatkan suwiran daging ayam, sosis atau daging sapi giling.

Jangan tambahkan kecap pada saat mengolah nasi goreng agar warna sayuran yang beraneka macam terlihat jelas sehingga lebih menarik. Selain itu pula supaya tidak menambahkan kadar gula dalam sajian.

Sempurnakan sarapan anak dengan membuat segelas Milo Dancow coklat hangat yang kaya dengan nutrisi. Dengan adanya tambahan Milo, maka sempurnalah sajian sarapan anak-anak, yaitu dengan adanya susu.

Mengolah menu sarapan sehat untuk anak harus memenuhi kaidah pemberian nutrisi pada anak. Jangan sampai dalam satu kali sajian hanya mengandung salah satu saja, misalkan hanya karbohidrat saja.Tambahkan berbagai macam sayuran dan daging untuk penampilan yang lebih menarik karena kaya akan warna.