6 Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh

Manfaat air mineral tidak jauh berbeda dibandingkan dengan air putih biasa. Hanya bedanya dalam sebotol air kemasan tersebut mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mempunyai kebermanfaat yang lebih bagi kesehatan.

Manfaat Air Mineral

Air mineral merupakan air yang diperoleh dari berbagai mata air alami yang ada pada permukaan tanah atau di bawah tanah. Biasanya air semacam ini kaya dengan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Antara lain magnesium, natrium, serta kalsium. Kandungan itulah yang membuat manfaat air mineral berlimpah dibandingkan air biasa.

Meningkatkan Kesehatan Tulang, Gigi, dan Otot

Kandungan kalsium yang ada pada air mineral dapat membantu kesehatan tulang, gigi, dan otot yang memang merupakan tempat penyimpanan mineral ini. Ditengarai tubuh dapat menyerapnya sebaik dengan kalsium yang ada pada susu.

Dengan adanya hal ini, maka air mineral dalam kemasan botol dapat difungsikan sebagai sumber kalsium yang juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.Ditambah dengan adanya magnesium yang memiliki fungsi yang sama.

Membantu Menstabilkan dan Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian membuktikan bahwa air mineral dapat membantu menstabilkan serta menurunkan tekanan darah yang diderita oleh pasien hipertensi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan magnesium dan kalsium yang ada pada air tersebut. Terlebih memang kedua mineral itu memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Jantung

Magnesium diketahui mampu mengontrol kerja otot dan irama jantung. Sehingga mengkonsumsi air mineral secara teratur dapat membantu meringankan penyakit ini serta menurunkan risiko terjadinya kematian.

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Salah satu mineral yang terdapat pada air mineral, yaitu magnesium dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan karena cara kerjanya yang mampu menarik air ke dalam usus. Dengan demikian, tinja yang merupakan sisa pencernaan yang tidak terserap akan menjadi lunak. Oleh karenanya, Anda dapat terhindar dari sembelit.

Air mineral juga mengandung sulfat, dan klorida yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Termasuk di dalamnya mengontrol proses yang terjadi pada hati dan empedu.

Meringankan Penyakit Lambung

Air mineral juga mengandung bikarbonat dalam kadar yang cukup sehingga dapat meringankan penyakit lambung. Cara kerjanya adalah dengan menetralkan asam lambung, sehingga tingkat keasamanan dapat berkurang.

Membantu Meringankan Gejala Anemia

Anemia merupakan penyakit yang timbul akibat sel darah merah kurang mengandung Hb yang disebabkan kadar besi dalam tubuh tidak mencukupi. Mengkonsumsi air mineral secara rutin dapat membantu menaikan kadar besi dalam tubuh, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya anemia. Pasalnya, air mineral mengandung zat besi juga.

Manfaat air mineral berbanding lurus dengan keberadaan berbagai macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karenanya, konsumsi rutin air mineral ini akan membantu menjaga kesehatan.