Makanan Kucing Hamil yang SehatSebagai majikan yang baik, wajib hukumnya memberikan asupan makanan yang baik untuk hewan peliharaan, salah satunya dengan memberikan makanan kucing hamil khusus untuk kucing yang sedang mengandung. Seperti manusia, kucing juga memerlukan makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi agar ibu dan janinnya sehat.

Kucing sebagai hewan yang berkembang biak dengan cara hamil seperti mamalia pada umumnya. Kondisi kucing yang sedang hamil tentunya berbeda dengan kucing yang tidak hamil. Perawatan kucing hamil tidak boleh sembarangan dilakukan, karena nantinya akan berdampak pada kondisi kucing dan kandungannya.

Maka dari itu, merawat kucing perlu bantuan majikan dalam proses perawatannya agar kehamilan bisa berjalan lancar sampai bayi kucing dilahirkan.

Makanan untuk Kucing Hamil

Tidur, makan, dan sedikit bergerak menjadi kecenderungan kucing yang sedang hamil dalam menghabiskan waktunya. Namun, makanan kucing hamil yang diberikanpun tidak boleh sembarangan, karena berhubungan dengan kondisi bayi yang dikandung.

Pemberian asupan makanan yang salah bisa memberikan efek buruk bagi perkembangan si ibu maupun janinnya. Oleh karena itu, sangat tidak dibenarkan jika memberikan makanan yang berlebihan di masa kehamilan pertama. Berikut ini makanan yang bisa menyehatkan kucing hamil juga janin yang ada dalam perut si kucing:

1. Makanan Alami

Banyak makanan alami yang bisa diberikan untuk menjadi asupan makanan bagi kucing hamil. Makanan itu harus kaya akan nutrisi dan rendah lemak, seperti ikan, daging ayam, dan telur ayam. Pemberian makanan tidak boleh berlebihan, karena justru bisa menambah lemak yang bisa mempersulit proses persalinan hingga peluang risiko komplikasi meningkat.

2. Dry Food Khusus Kucing Hamil

Produk makanan kering yang diproduksi khusus untuk ibu hamil sudah banyak dijual dipasaran. Produk tersebut sudah mengandung banyak nutrisi lengkap yang baik bagi kucing dan calon bayinya. Beberapa merek produk tersebut antara lain:

  • Blackwood Kitten Food
  • Maroktops Kitten & Mother
  • Pro Plan Kitten
  • Royal CaninPro Mother & Baby Cat
  • Royal CaninPro Queen

3. Vitamin Khusus Kucing Hamil

Selain pemberian makanan kucing hamil, vitamin khusus juga perlu diberikan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi bagi ibu dan bayi. Pemberian vitamin harus sesuai dengan dosis dan instruksi yang tertera pada kemasan. Jika keliru, dapat melakukan konsultasi lebih lanjut pada ahli gizi dan dokter hewan.

Pemberian asupan makanan kucing hamil yang sama secara terus menerus biasanya menimbulkan rasa bosan pada sebagian kucing, bahkan hingga kehilangan nafsu makannya. Majikan yang baik harus kreatif mencari sampingan makanan lain untuk meningkatkan nafsu makan kucing hamil.

Sebenarnya hal ini umum terjadi, namun perlu diperhatikan agar kucing tetap makan meskipun sedikit. Jika tidak, segera bawa kucing ke dokter hewan karena khawatir akan kondisi ibu dan bayi kucing.