Siapa yang tidak mengenal kopi robusta? Jenis kopi paling familiar yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai jenis sajian kopi selain arabika. Rasanya yang kuat membuatnya memiliki penggemarnya tersendiri.

Walaupun harganya lebih rendah dibandingkan dengan arabika, namun pangsa pasar nya cukup tinggi di dunia. Kopi jenis ini menguasai sekitar 30 persen penjualan secara global. Kopi lampung, yang merupakan jenis lokal, adalah salah satu dari robusta yang telah mendunia karena rasanya yang unik.

Mengenal Robusta

Sajian kopi yang terbuat dari robusta memiliki kecenderungan lebih kuat dan pahit dibandingkan dengan arabika. Pasalnya, biji kopi robusta mengandung pyrazine. Tingkat keasamannya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan arabika.

Tingkat kekentalan pada ekstrak kopi robusta tergolong sedang hingga kuat, sehingga terasa lebih pahit dibandingkan dengan arabika. Karakternya hampir sama dengan robust yang ditanam pada daerah lain, yaitu pada umumnya terasa aroma dan rasa kacang-kacangan.

Kandungan Kafein dalam Robusta

Robusta sendiri mempunyai kandungan kafein yang lebih besar dibandingkan dengan arabika. yaitu sekitar 2 kali lipatnya, sebesar 2,7 persen. Namun, kadar gulanya lebih rendah dibandingkan dengan arabika, yaitu sebesar 3 – 7 persen saja.

Robusta juga mengandung asam klorogenat dengan persentase sekitar 7 hingga 10 persen dan  merupakan lebih tinggi daripada arabika. Kandungan asam inilah yang berperan sebagai antioksidan sehingga pohon robusta tahan terhadap serangan serangga.

Varian Sajian Robusta

Jenis kopi robusta merupakan yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan kopi instan atau sachet dalam kemasan. Juga tersedia sebagai kopi racikan serta espresso.

Sekarang Anda mengetahui mengapa rasa espresso begitu kuat, kental dan pahit? Karena memang bahan bakunya terdiri dari robusta. Maka dari itu biasanya kopi ini akan dinikmati oleh pecinta kopi yang menginginkan kopinya kental dan strong..

Kendati demikian, sebagian pecinta kopi robusta yang tidak tahan dengan rasanya, namun tetap ingin menikmatinya, kemudian mengambil jalan tengah. Mereka membuat racikan kopi sendiri dengan mencampurkan jenis robusta dan arabika dengan perbandingan tertentu sehingga tercipta sajian yang tidak kalah enaknya.

Cara Terbaik Menikmati Robusta

Sebagai kopi yang memiliki rasa yang pekat, maka terdapat beberapa cara terbaik untuk menikmatinya. Anda dapat membuat kopi tubruk dengan metode yang sederhana yang biasa digunakan di rumah.

untuk membuat secangkir kopi tubruk robusta, Anda hanya perlu  perbandingan 1:10 antara robusta dengan airnya. Anda dapat menikmati rasanya yang pahit tanpa tambahan gula. Tetapi, jika lebih memilih rasa manis, sajikan dengan gula pasir, aren gula semut, atau yang lainnya.

Kopi robusta ini sangat cocok untuk dinikmati oleh pecinta kopi yang menyukai secangkir kopi dengan karakter yang kuat. Namun, tetap hati-hati dalam meminumnya, terutama jika memiliki gangguan lambung.