Tips Membuat Bubur Sayur Untuk Si Kecil, Apa Saja?

Ketika berbincang tentang MPASI yang baik untuk diberikan pada si kecil, bubur sayur bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebagaimana diketahui bahwa sayuran memiliki beragam nutrisi dan kandungan terbaik yang cocok untuk menunjang kebutuhan gizi anak Anda.

Nah, meskipun terdapat banyak kandungan gizi pada sayur, namun Anda perlu memperhatikan tips untuk membuat bubur sayur ketika hendak memberikannya pada si kecil. Hal ini penting agar bubur yang Anda buat tetap memiliki kandungan nutrisi maksimal dan bisa membantu pertumbuhan si kecil.

Kebutuhan Nutrisi Anak

Ada beberapa nutrisi yang menjadi kebutuhan penting yang harus dilengkapi dan diberikan pada si kecil dalam pola konsumsi mereka. Nutrisi penting pertama adalah protein. Seiring jaringan tubuh anak yang masih terus berkembang, protein akan memaksimalkan pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu, anak juga perlu lemak. Ya, lemak yang ada di dalam sajian bubur sayur akan menjadi sumber energi bagi si kecil. Tentu, selain lemak, karbohidrat juga penting sebagai sumber energi. Hanya saja, kedua nutrisi ini harus diberikan secara seimbang.

Nutrisi lain yang diperlukan si keci adalah vitamin serta mineral. Beragam jenis vitamin diperlukan tubuh si kecil untuk menjaga kekebalan tubuh mereka agar tidak mudah sakit.

Tips Membuat Bubur Sayur Untuk Anak

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa tips mendasar yang perlu diperhatikan ketika hendak membuat bubur sayur untuk si kecil yang mulai mengonsumsi MPASI. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan nutrisi

Hal paling penting untuk membuat bubur sayur MPASI adalah memperhatikan nutrisi. Artinya, bubur yang dibuat harus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga kebutuhan gizi si kecil akan terpenuhi dengan maksimal.

  • Lakukan secara bertahap

MPASI adalah masa pengenalan dan bubur sayur adalah makanan yang digunakan untuk mengenalkan aneka makanan pada si kecil. Dalam hal ini, Anda perlu memberikan bubur sayur secara bertahap. Maksudnya adalah mulai dengan membuat bubur menggunakan satu macam sayur saja agar si kecil nantinya mulai terbiasa.

  • Hindari menambahkan perasa

Hal lain yang perlu dihindari ketika membuat bubur sayur untuk MPASI adalah hindari menambahkan perasa. Beberapa jenis perasa seperti garam ataupun gula sebaiknya tidak digunakan terlebih dahulu. Pasalnya, perasa tambahan akan merusak rasa asli dari sayur.

Ada baiknya jika Anda membiarkan sayuran tersebut dengan rasa asli mereka. Tentu, tujuannya adalah agar si kecil bisa mengetahui rasa sayuran tersebut dengan lebih baik.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang perlu diperhatikan terkait membuat bubur sayur untuk si kecil. Sebagai tambahan, Anda juga harus memperhatikan porsi dalam memberikan sajian tersebut pada si kecil.